Posted by : Bekam Malang Kamis, 26 Februari 2015



Inspirasi mencipta lagu bisa didapat dari manapun dan kapanpun. Karena Inspirasi mencipta lagu ada proses kreatif dari otak kita yang kita tuangkan ke dalam nada.

Ini beberapa Ide dalam mendapatkan Inspirasi mencipta lagu:

1. Kisah Cinta
Ini adalah ide yang paling banyak dipakai musisi dalam menciptakan lagu. Bagaimana tidak, kehidupan manusia tidak terlepas dari Cinta. Dalam hal ini adalah Cinta terhadap sesama manusia.

2. Kehidupan keluarga
Tidak semua keluarga itu harmonis, terkadang bermasalah. Banyak keluarga yang broken home, banyak juga keluarga yang bercerai berai dan meninggalkan banyak masalah. Kehidupan dapat dijadikan salah satu ide dalam mendapatkan inspirasi mencipta lagu.

3. Kritik Sosial Budaya
Negara ini penuh lika-liku, hubungan budaya antar suku yang satu dengan yang lain menciptakan fenomena yang beragam. Kehidupan sosial pun mempunyai kesenjangan satu sama lain. Biasanya juga ini menjadi inspirasi mencipta lagu, Hanya sebagian musisi yang peka terhadap lingkungan sekitar yang bisa menggunakan ide seperti ini.

4. Politik
Politik penuh dengan kepentingan golongan dan individu. Saat ini tema politik sangat ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Dahulu musisi Iwan Fals pernah dicekal oleh pemerintah ketika mengkritik pemerintah, tapi kayaknya sekarang udah tidak seperti dahulu. Musisi lebih bebas menyuarakan pendapat politiknya melalui lagu, pemimpin kan harus legowo kalau di kritik demi kemajuan.

5. Ekonomi
Indonesia adalah negara kaya, jamrud katulistiwa, tapi kenapa rakyatnya kok banyak yang miskin? Ayo yang mengaku musisi, silahkan berkarya menggunakan ide ini... Berapa banyak duit yang ada di dompetmu? Negara Indonesia kaya loh! Kalau dompetmu tipis ya berarti ada yang salah nih hehe...

6. Kejadian alam
Alam sangat reaktif terhadap perilaku masyarakat yang tinggal disekitarnya. Alam akan baik kalau masyarakatnya baik, menjaga Alam dengan tidak membuang sampah, membuat polusi, reboisasi hutan dll. Alam akan marah dengan menjadikan bencana kalau masyarakatnya serakah mengeksploitasi hasil alam. Ayo coba ini dijadikan inspirasi mencipta lagu.

7. Religi
Religion is the way of life. Agama adalah jalan hidup. Tuntunan dan larangan agama bisa dijadikan inspirasi mencipta lagu loh... Taufik Ismail pernah mengutip kitab suci untuk dijadikan lirik lagu Ketika Kaki dan Tangan Berkata yang dinyanyikan sama mendiang Chrisye.

Ayo tunggu apa lagi? Cepet kita bikin lagu, udah banyak ide yang dapat dijadikan inspirasi mencipta lagu.

Pasti bermanfaat!!!
SMANGAD!!!

posted from Bloggeroid

{ 1 comments... read them below or add one }

KONTAK

Alamat Kantor:
Perum. Villa Bukit Tidar C1-257
Malang

Telepon/WA:
085 646 739 063
Pin BB : 517219A2

Peta Les Gitar Malang


Lihat les gitar di peta yang lebih besar Peta Les Gitar Malang
les gitar malang. Diberdayakan oleh Blogger.

TEKNIK GITAR

1. Strumming
2. Picking
3. Tipping
4. Hammer on
5. Pulling off
6. Slide
7. Bending
8. Harmonik
9. Tremolo
10. Vibrato
11. Trill

- Copyright © Les Gitar Malang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -