Posted by : Bekam Malang Minggu, 04 Desember 2011

Les Gitar Malang
musik

Apa itu musik? Bagaimana bentuk musik? Siapa yang bisa jawab? Sebenarnya musik itu kumpulan nada yang dibunyikan melalui alat musik. Simpel kan? Dan musik itu tidak berwujud tapi bisa dibayangkan suasana dan nuansanya. Menurut filsuf Aristoteles musik diartikan sebagai ,"sesuatu yang mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme". Dalam banget...

Sebenernya semua orang bisa mengartikan musik menurut pemahaman masing-masing. Misalnya musik adalah bunyi-bunyian yang dihasilkan akibat bergeseknya atau terketuknya/terbenturnya dua benda. Itu boleh-boleh aja, toh emang dalam memainkan alat musik harus ada gesekan atau pukulan... Betul?

Musik adalah bahasa universal, maksudnya dalam musik pasti ada pesan yang disampaikan. Misalnya ketika Kita mendengar musik dari barat (luar negeri), kita belum tentu mengerti bahasanya dan kalau mengerti bahasanya, kita belum tentu mengerti maknanya. Tapi Kita akan mengetahui pesan secara tersirat seperti emosi dan nuansa yang terkandung dalam musik tersebut, tentunya Kita juga harus mendengarnya dengan seksama.

Dengan musik, Kita dapat mengungkapkan perasaan. Banyak musik tercipta yang cikal bakalnya dari perasaan pengarangnya ketika menghadapi atau merasakan sesuatu, misalnya perasaan senang, sedih, marah, lagi santai, cemburu, dan lain-lain. Tidak tahu ini sebuah kebetulan atau tidak, musik di Indonesia (mayor label) ini banyak yang mellow (melankolis) atau sedih dan mendayu-dayu. Apa mereka (pengarang) mempunyai pengalaman yang sama? atau sama-sama dan sering dilanda musibah? atau mereka sudah janjian bikin musik yang sama? atau tuntutan pasar? dan banyak "atau" yang lain. Kayaknya terkesan kurang variatif hehe...

Pesan Saya jadikan musik itu menjadi sesuatu yang bermanfaat, bagi diri sendiri maupun orang lain. Musik bisa dibuat meditasi bahkan untuk merayu calon pasangan :)  Tapi banyak juga musik digunakan untuk media pemujaan terhadap hal-hal "yang tidak sepatutnya dipuja".

Yang ingin menambahkan saran tentang "Apa itu musik", silahkan langsung saja tinggalkan komentar di bawah ini...

Semoga bermanfaat.

share

Powered by Les Gitar Malang

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

KONTAK

Alamat Kantor:
Perum. Villa Bukit Tidar C1-257
Malang

Telepon/WA:
085 646 739 063
Pin BB : 517219A2

Peta Les Gitar Malang


Lihat les gitar di peta yang lebih besar Peta Les Gitar Malang
les gitar malang. Diberdayakan oleh Blogger.

TEKNIK GITAR

1. Strumming
2. Picking
3. Tipping
4. Hammer on
5. Pulling off
6. Slide
7. Bending
8. Harmonik
9. Tremolo
10. Vibrato
11. Trill

- Copyright © Les Gitar Malang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -