Inspirasi mencipta lagu



Inspirasi mencipta lagu bisa didapat dari manapun dan kapanpun. Karena Inspirasi mencipta lagu ada proses kreatif dari otak kita yang kita tuangkan ke dalam nada.

Ini beberapa Ide dalam mendapatkan Inspirasi mencipta lagu:

1. Kisah Cinta
Ini adalah ide yang paling banyak dipakai musisi dalam menciptakan lagu. Bagaimana tidak, kehidupan manusia tidak terlepas dari Cinta. Dalam hal ini adalah Cinta terhadap sesama manusia.

2. Kehidupan keluarga
Tidak semua keluarga itu harmonis, terkadang bermasalah. Banyak keluarga yang broken home, banyak juga keluarga yang bercerai berai dan meninggalkan banyak masalah. Kehidupan dapat dijadikan salah satu ide dalam mendapatkan inspirasi mencipta lagu.

3. Kritik Sosial Budaya
Negara ini penuh lika-liku, hubungan budaya antar suku yang satu dengan yang lain menciptakan fenomena yang beragam. Kehidupan sosial pun mempunyai kesenjangan satu sama lain. Biasanya juga ini menjadi inspirasi mencipta lagu, Hanya sebagian musisi yang peka terhadap lingkungan sekitar yang bisa menggunakan ide seperti ini.

4. Politik
Politik penuh dengan kepentingan golongan dan individu. Saat ini tema politik sangat ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Dahulu musisi Iwan Fals pernah dicekal oleh pemerintah ketika mengkritik pemerintah, tapi kayaknya sekarang udah tidak seperti dahulu. Musisi lebih bebas menyuarakan pendapat politiknya melalui lagu, pemimpin kan harus legowo kalau di kritik demi kemajuan.

5. Ekonomi
Indonesia adalah negara kaya, jamrud katulistiwa, tapi kenapa rakyatnya kok banyak yang miskin? Ayo yang mengaku musisi, silahkan berkarya menggunakan ide ini... Berapa banyak duit yang ada di dompetmu? Negara Indonesia kaya loh! Kalau dompetmu tipis ya berarti ada yang salah nih hehe...

6. Kejadian alam
Alam sangat reaktif terhadap perilaku masyarakat yang tinggal disekitarnya. Alam akan baik kalau masyarakatnya baik, menjaga Alam dengan tidak membuang sampah, membuat polusi, reboisasi hutan dll. Alam akan marah dengan menjadikan bencana kalau masyarakatnya serakah mengeksploitasi hasil alam. Ayo coba ini dijadikan inspirasi mencipta lagu.

7. Religi
Religion is the way of life. Agama adalah jalan hidup. Tuntunan dan larangan agama bisa dijadikan inspirasi mencipta lagu loh... Taufik Ismail pernah mengutip kitab suci untuk dijadikan lirik lagu Ketika Kaki dan Tangan Berkata yang dinyanyikan sama mendiang Chrisye.

Ayo tunggu apa lagi? Cepet kita bikin lagu, udah banyak ide yang dapat dijadikan inspirasi mencipta lagu.

Pasti bermanfaat!!!
SMANGAD!!!

posted from Bloggeroid

Kamis, 26 Februari 2015
Posted by Puhawang Putra

Kelebihan dan kekurangan belajar gitar otodidak dan les gitar

Kelebihan dan kekurangan belajar gitar otodidak dan les gitar saat ini sering dibicarakan oleh teman teman yang sedang belajar gitar. Beberapa senang belajar secara otodidak dan sebagian yang lain senang les gitar. Itu adalah sebuah pilihan sih sebenarnya, tapi akan lebih baiknya kita mengetahui Kelebihan dan kekurangan belajar gitar otodidak dan les gitar.

Belajar gitar otodidak vs les gitar, siapa yang menang? Kayak sepak bola saja ya, pake' istilah vs (versus) hehehe...

Otodidak itu belajar gitar tanpa instruktur, mengandalkan feeling untuk mendapatkan nada. Kalau belajar melalui les gitar, semuanya sudah disiapin materi pelajarannya.

Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan belajar otodidak dan les gitar, ini saya peroleh dari pengalaman teman teman yang saat ini lagi belajar gitar dan sharing dengan teman yang lain, mari kita bahas satu per satu.
1. Otodidak
- kelebihan
   * Smangad membara
   * Motivasi dari dirinya sendiri
   * Daya juang tinggi dan pantang menyerah
   * Mandiri, cari materi sendiri
   * Feeling lebih terasah
- kekurangan
   * tujuan pembelajaran terkadang kurang jelas
   * masa belajar yang lama kharena keterbatasan materi belajar
   * dilanda kebosanan ketika kehabisan materi belajar
   * tidak ada yang mengkoreksi dan mengevaluasi hasil belajar gitar
   * kurang disiplin karena tidak ada tuntutan untuk penguasaan materi belajar gitar

2. Les gitar
- kelebihan
   * materi belajar yang jelas
   * masa belajar yang lebih cepat, semua pembelajaran dengan masa yang tertarget
   * mendapatkan bimbingan dari instruktur
   * lebih disiplin dalam belajar, karena ada tuntutan penguasaan materi
- kekurangan
   * feeling kurang terasah, jika tidak mencoba belajar diluar materi yang diajarkan
   * motivasi kurang, jika keinginan belajar tidak dari diri sendiri
   * daya juang kurang, kalau hanya menggantungkan materi dari instruktur
   * terkadang murid bermain gitar hanya saat les, kalau orang tua tidak mengontrol saat di rumah

Sebenarnya banyak lagi yang bisa kita amati kelebihan dan kekurangan dari belajar gitar otodidak dengan les gitar, tapi sementara dikit saja dulu, capek ngetiknya hehehehe...

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam belajar apapun, termasuk belajar gitar yaitu:
- Motivasi (keinginan belajar gitar yang kuat)
- Sarana dan Prasarana (Alat/gitar dan tempat belajar)
- Pembimbing (Instruktur gitar)
- Materi pelajaran (berupa modul pembelajaran atau silabus pembelajaran)
- Lingkungan belajar yang mendukung (dalam belajar kursus atau belajar sendiri di rumah)
- Pementasan (wadah untuk menunjukkan hasil belajar)

Hayo, teman-teman pengen belajar otodidak atau les gitar? Kalau saya sih pengen les gitar dengan semua kelebihannya tetapi mempunyai motivasi seperti anak yang belajar otodidak hehehehe....

Misalkan teman-teman ada pengalaman dalam belajar otodidak maupun les gitar, silahkan di share di sini dengan cara mengkomentari bacaan ini (mengisi kolom comment).

PASTI BERMANFAAT!!!
SMANGAD!!!

posted from Bloggeroid
Rabu, 07 Januari 2015
Posted by Puhawang Putra

Artikel Les Gitar Malang (Update)

Artikel Les Gitar Malang (Update)
Untuk mendapatkan Artikel Les Gitar Malang (Update), teman-teman bisa mengunjungi website www.Les-Gitar-Malang.com. Beberapa artikel terbaru Kami seperti:
Silahkan teman-teman klik link diatas untuk mendapatkan pengetahuan sekitar musik...
Semoga BERMANFAAT!!!
SMANGAD!!!

Support by Les-Gitar-Malang


Les Gitar Malang

les gitar malang
Les gitar malang
Les Gitar Malang "HARMONY" merupakan lembaga musik yang khusus memberikan layanan les / kursus gitar. Les Gitar Malang "HARMONY" mempunyai beberapa website/blog, diantaranya:
Les Gitar Malang "HARMONY" diasuh langsung oleh Kak Puhawang. Kak Puhawang memberikan materi pelajaran gitar dengan METODE yang sangat mudah dipahami oleh murid, dan METODE tersebut telah terbukti karena telah diterapkan kepada murid Les Gitar Malang "HARMONY" selama 2 tahun.

Dalam mempelajari gitar, Les Gitar Malang "HARMONY" mengutamakan pemahaman MATERI dan penerapan PRAKTEK, jadi jika murid sudah memahami materi gitar dan telah mempraktekkannya, murid akan mudah mempelajari lagu-lagu yang lain.

Misalnya murid sudah mendapatkan MATERI dasar dan menguasainya, maka murid sudah mendapatkan bekal dalam mempelajari lagu-lagu, mulai dari aliran pop, reagea, slow rock, dan blues. terdapat 7 lagu wajib yang harus dikuasai murid, didalam lagu-lagi tersebut juga terdapat beberapa tehnik yang murid harus ketahui.

Jika teman-teman ingin tahu lebih tentang Les Gitar Malang "HARMONY" silahkan hubungi Puhawang di 085646739063.

Pasti Bermanfaat

SMANGAD!!!
posted from Bloggeroid

MUSISI harus RAMAH

Les Gitar Malang

Boim, bassist JSM band... RAMAH dan murah senyum

"Musisi di kenal melalui karyanya"
(by Bongky "BIP")

Betul tuch kata mas Bongky... Misalnya Michael Jackson aja yang bergelar "King of Pop" banyak yang mengenal, mulai dari negara asalnya sana sampai ke pelosok dunia... pertanyaannya? Apakah orang-orang yang mengenal Michael Jackson sudah pernah ketemu langsung dengannya (dulu sebelum meninggal) ? sedikit sekali yang pernah bertemu... Sebagian besar tahu Michael Jackson dari karyanya (lagu) kan?

Ok dech... Musisi juga layaknya orang yang berjualan, bedanya adalah produknya, produknya MUSISI adalah karya (lagu).... dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, banyak media yang digunakan MUSISI untuk menjual karyanya, misalnya:
  1. Kaset
  2. Audio CD
  3. Video CD
  4. RBT
  5. Pementasan/panggung
  6. dan Merchandise lainnya
Layaknya orang yang berjualan (pedagang), MUSISI harus RAMAH dalam menjual karya-karyanya. Gimana bisa laku kalau yang jualan galak??? hehehe.... menurut bang Ipho, "KeRAMAHtamahan bisa membuat orang lain nyaman dan senang akan diri kita, abis itu senang dengan apa yang kita tawarkan". SETUJU !!!

Coba dech misalnya ada kesempatan bertemu dengan MUSISI, coba ajak ngobrol... pasti mereka baik hati, RAMAH, sopan, dan terkadang selalu menawarkan karyanya. yang jelas MUSISI itu tidak sombong. Teman Saya juga pernah bilang, "jualan karya itu seperti jualan kacang goreng... Cepet laku Bro!!! tapi harus RAMAH nge-jualnya hehehe". Banyak juga MUSISI Indie Label yang berhasil nge-jual karyanya sampai ke luar negeri... dan mereka adalah orang-orang yang RAMAH.

So, kalau teman-teman merasa seorang MUSISI, salah satunya HARUS RAMAH !!! itu WAJIB!!!

SEMANGAD !!!

Powered by Les Gitar Malang
Kamis, 16 Agustus 2012
Posted by Puhawang Putra

KONTAK

Alamat Kantor:
Perum. Villa Bukit Tidar C1-257
Malang

Telepon/WA:
085 646 739 063
Pin BB : 517219A2

Peta Les Gitar Malang


Lihat les gitar di peta yang lebih besar Peta Les Gitar Malang
les gitar malang. Diberdayakan oleh Blogger.

TEKNIK GITAR

1. Strumming
2. Picking
3. Tipping
4. Hammer on
5. Pulling off
6. Slide
7. Bending
8. Harmonik
9. Tremolo
10. Vibrato
11. Trill

- Copyright © Les Gitar Malang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -