Posted by : Puhawang Selasa, 28 Februari 2012

Les Gitar Malang

Jika kita pergi ke toko gitar untuk mencari atau hunting sebuah gitar baru, pastinya anda pingin mendapatkan sebuah gitar yang mutunya bagus dan tidak bermasalah, untuk itu selain diteliti dari corak bentuknya pastinya juga anda akan menyeleksi gitar yang mau anda beli. Salah satu pengecekan yang harus dilakukan salah satunya adalah pengecekan pada kondisi stang gitar atau neck gitar, nah kali ini saya akan menycoba menerangkan sedikit tentang batang besi yang ada di dalam neck gitar atau sering disebut “truss rod”.
Terkadang orang banyak tidak tau tentang truss rod atau besi yang melintang di stang gitar, karena secara fisik tidak terliha dan tertanam di tengah-tengah stang gitar. Adapun fungsinya adalah sebagai alat penyetem kelengkungan stang gitar. Nah dari sini pastinya dapat kita simpulkan, jika anda membeli gitar dan meneliti ternyata stangnya melengkung, ..eits.. jangan keburu-buru bilang gitarnya ngak bener bos, itu bukan berarti gitarnya cacat atau tidak bagus, teliti dulu mungkin cuma penyetelan atau seting dari truss rod yang kurang pas dan tidak kena di hati kita.
Sebetulnya banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi stang gitar jadi melengkung, salah satunya karena cuaca yang lama kelamaan membuat kayu jadi melengkung, karena mutu kayu yang kurang bagus sehingga mudah tertarik ketegangan senar gitar, ataupun perlakuan-perlakuan dari pemilik yang kurang hati-hati sehingga menyebabkan setang melengkung. Sedari tadi kita membicarakan tentang truss rod tetapi mungkin ada juga yang tidak tahu bentuknya, nah dibawah ini adalah salah satu  bentuk dari truss rod yang tertanam di stang gitar.
 Seperti yang sudah saya tulis diatas, banyak faktor yang mempengaruhi stang gitar menjadi melengkung, dan anda tidak perlu khawatir karena stang gitar yang melengkung sebetulnya dapat di setel lagi dengan melakukan beberapa penyeteman di truss rodnya, tapi semua itu terpulang kembali pada anda, karena ada yang suka stang gitar dalam posisi lurus, namun ada juga yang suka menyetem stang agak melengkung sedikit dengan berbagai alasan dan segudang teori, jadi kalau anda bertanya kepada saya mana yang bagus, lurus atau melengkung maka saya balikkan lagi kepada anda, karena keduanya memang ada teorinya masing-masing, dan jika anda kurang puas bisa berdiskusi di Forum Gitar, nah pada gambar diatas anda dapat melihat truss rod yang masih baru, nah dibawah ini saya juga akan memberi gambar, truss rod yang sudah melengkung, berikut gambarnya:
truss rod melengkung
 Macam-macam truss rod:
Ada berbagai macam truss rod yang beredar dipasaran, untuk itu saya akan memberitahukan beberapa macam truss rod yang ada antara lain
Mengapa gitar perlu dipasang truss rod:
Pada prinsipnya posisi setang gitar takubahnya seperti sebuah kurva atau lengkungan yang ditarik secara horisontal oleh senar gitar, sehingga lama-kelamaan pasti posisi kayu jadi tembah melengkung jika kita memakai senar yang bertegangan kuat, ilustrasinya sebagai berikut
truss rod sangat melengkung
Disamping adalah contoh penyetelan truss yang longgar sehingga senar menarik kuat dan jarak senar jadi tinggi, karena posisi senar terlalu tinggi maka dapat menghambat sewaktu bermain gitar.
truss rod terlalu kencang
Disamping adalah contoh penyetelan truss rod yang terlalu kencang, sehingga senar tertarik kebawah, hal ini dapat mengakibatkan senar tidak dapat berbunyi karena beradu dengan fret saat kita petik.
truss rod normal
Gambar disamping merupakan setelan yang ideal, di ujung agak rendah dan ditengah tidak terlalu tinggi sehingga senar dapat bervibrasi. Akan tetapi hal ini tidak mutlak seperti yang saya katakan, tergantung keenakan masing-masing.
Penyetelan Truss Rod
Perhatikan gambar dibawah ini:
coba lihat di bagian headstock atau kepala gitar anda seperti terlihat pada gambar diatas, kebanyakan gitar memiliki besi yang tertanam seperti pada gambar, letaknya di antara kepala dan stang gitar, jika anda tidak menemui besi tersebut, biasanya ditutup dengan mika kecil dan kita harus melepas mika tersebut baru nampak besi yang terselip seperti pada gambar. Alat yang diperlukan cuma kunci L guna memutar besi dan sebuah obeng guna membuka mika penutup jika diperlukan. Penyetelannya akan saya utarakan secara singkat, detailnya pada artikel yang lain di web ini.
Prinsip dasarnya gunakan kunci L untuk memutar Truss Rod sehingga kelengkungan dapat diubah menurut kemauan kita, lakukan dengan hati-hati, biasanya agak keras sewaktu memutarnya, tekan fret pertama dan fret di ujung dimana stang dan bodi gitar bertemu. Lihat dari samping maka anda bisa mengira-ira posisi kelengkungan yang diperlukan.

share

powered by Les Gitar Malang

{ 18 comments... read them below or Comment }

  1. pasti tu d semua gitar ada??
    kok gitar ane kgk ad deh kyak.a..

    BalasHapus
  2. untuk semua gitar elektrik pasti ada truss rod. kalau gitar akuistik tidak semuanya ada, kecuali gitar akuistik yang bagus dan letaknya di bawah pangkal neck guitar, bisa dilihat dari lubang suara gitar akuistik...

    BalasHapus
  3. ukuran kuncinya berapa?

    BalasHapus
  4. om,cara menggunakan kunci L untuk memutar truss rod gmn?
    kalo truss rod nya sangat melengkung, arah muternya gmn supaya truss rod nya kembali normal?

    BalasHapus
  5. om,cara menggunakan kunci L untuk memutar truss rod gmn?
    kalo truss rod nya sangat melengkung, arah muternya gmn supaya truss rod nya kembali normal?

    BalasHapus
  6. di ujung truss rod itu kan ada lubang kecil segi 6... itu tempat kita untuk memasukkan kunci "L". untuk trus rod melengkung, coba di kendorin dulu atau putar berlawan arah jarum jam... setelah itu kencengin atau putar searah jarum jam, dan amati perubahan kelengkungannya.... selamat mencoba

    BalasHapus
  7. Om ada gak cara buat ngelurusin body gitar yang sedikit bengkok, bukan pada trussrod tapi body gitarnya,di lihat dari samping pada bagian belakang sedikit cembung keluar?
    Apa berpengaruh dari cuaca ataw dari kelembapan bahan itu sendiri sampai bisa demikian?
    Tolong di bantu ya om.
    Thx...

    BalasHapus
  8. iya betul biasanya juga karena kelembapan udara dan kualitas bahan.... kalau body gitar bagian depan yg melengkung biasanya pengaruh dari tarikan senar yg terlalu kuat sehingga menarik bridge gitar dan triplek sampingnya ke atas... kalau yang cembung bagian belakang biasanya tukang gitar yang bisa memperbaiki, mungkin harus di pres... semoga membantu...

    BalasHapus
  9. Iyaa.. Ukuran kuncinya berapa Oom

    BalasHapus
  10. Ka . Kalo bodi gitarnya melengkung ngaruh ga sama suaranya?
    Terus gimana cara perbaikinya?

    BalasHapus
  11. Untuk nabillah debill:

    bodi gitar melengkung pada gitar akustik ya? itu terjadi karena salah memasang ukuran senar, senar yang dipasang pada gitar terlalu besar sehingga bridge dan bodi tertarik.

    Kalau menurut sepengetahuan saya, gitar itu harus di pres atau ditelungkupkan pada meja/bidang datar dan diatas gitar diberi beban.. tujuannya untuk mengembalikan posisi bridge dan bodi yang tertarik ke pposisi semula. Tapi tidak dijamin berhasil 100%, setidaknya ada perubahan lah...

    Pengaruh sama jarak senar terhadap fretboard, senar akan semakin tinggi dan keras kalau ditekan. kalau suara, sedikit sekali pengaruhnya....

    BalasHapus
  12. Neck gitar saya cekung. saya kencangkan truss rod dengan memutarnya ke kanan. Kira kira neck saya bisa kembali lurus butuh berapa hari kak Informasinya Tolong.

    BalasHapus
  13. Mohon info gitar yg bagus tpi murah dong.gitar elektrik yg bisa buat macam2 genre.mksh sblumnya

    BalasHapus
  14. ukuran kunci L yg nomer berapa itu om ?

    BalasHapus
  15. ukuran kunci L yg nomer berapa itu om ?

    BalasHapus
  16. klau truss rodnya longgar dan saat senarnya dipetik truss rodnya berbunyi itu gimana?

    BalasHapus

KONTAK

Alamat Kantor:
Perum. Villa Bukit Tidar C1-257
Malang

Telepon/WA:
085 646 739 063
Pin BB : 517219A2

Peta Les Gitar Malang


Lihat les gitar di peta yang lebih besar Peta Les Gitar Malang
les gitar malang. Diberdayakan oleh Blogger.

TEKNIK GITAR

1. Strumming
2. Picking
3. Tipping
4. Hammer on
5. Pulling off
6. Slide
7. Bending
8. Harmonik
9. Tremolo
10. Vibrato
11. Trill

- Copyright © Les Gitar Malang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -