Posted by : Bekam Malang Sabtu, 25 Februari 2012



Bagi kamu yang mahir menggunakan gitar kosong/kayu dan memiliki budget untuk membeli gitar listrik pasti akan sedikit kagok atau janggal saat pertama menggunakannya, hal tersebut sangat wajar karena basic atau dasar penggunaan kedua gitar tersebut agak berbeda, disini saya akan mencoba menerangkan bagai mana cara memasang tali gitar atau senar gitar pada tremolo up down.
Memang agak sedikit ribet langkah-langkah pemasangan senar pada tremolo tersebut, tak semudah kita memasang senar pada gitar biasa, berikut adalah langkah langkahnya:
locking nut gitar
Langkah 1:
Kendorkan ketiga pengunci di locking nut pada gitar, ambil kunci L putar sekrupnya berlawanan dengan arah jarum jam, yang perlu anda ingat ganti senar gitar satu persatu jangan sekaligus, karena kalau senar dikendorin sekaligus otomatis per tremolo akan menarik kuat dan posisi akan kendur kebawah (sebetulnya dapat diakali dengan mengganjal tremolo), jika pada tremolo yang kurang bagus setelah dipasang semua senar baru, biasanya tremolo jadi labil, senar akan sumbang dan anda harus menyetel ulang dudukan per, itulah sebab kenapa lebih baik memasang senar gitar satu persatu.
fine tuner tremolo
Langkah 2:
Setel fine-tuner keposisi sejajar/normal usahakan posisi kepalanya sejajar dan posisi ulirnya ditengah-tengah, hal ini berguna jika nanti setelah senar dipasang dan locking nut di kunci maka kita masih bisa menyetel keatas dan kebawah dengan bebas.
string lock screw
Langkah 3:
Lepaskan senar yang ada dibagian tremolo, kendorkan string lock screw (jika anda bingung mengenai nama-nama dari bagian tremolo, liat di artikel sebelumnya berjudul “Mengetahui detail nama-nama bagian Tremolo Up Down (penjelasan dasar)” dengan kunci L, tarik senar dari saddle.

memotong senar gitar
Langkah 4:
Ambil senar gitar yang baru, potong sisi senar yang ada pin ball atau ring kepala seperti pada gambar diatas. Atau anda boleh tidak memotong bagian ini cuma membalik posisi atau ujung senar yang mau dipasang.
pasang senar ditremolo
Langkah 5:
Masukkan senar yang sudah dipotong tadi kedalam saddle tremolo, usahakan posisi agak dalam dan berada ditengah supaya dapat terkunci dengan kuat. Kencangkan string lock screw dengan kunci L
pasang senar dituner
Langkah 6:
Kencangkan senar yang ada di posisi tuner, tips sebaiknya senar langsung di stem biar per pada tremolo stabil
Nah jika anda sudah melakukan langkan-langkan diatas anda bisa melanjutkan atau mulai mengganti senar gitar secara satu persatu diposisi berikutnya.
Selamat mencoba... 

powered by les gitar malang

{ 10 comments... read them below or Comment }

  1. bagaimana jika up down nya sudah turun karena pada saat mengganti senar tidak satu per satu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganjal tremolo dengan batere kotak atau benda lain agar plat tremolo bisa mendatar. Setelah itu pasang senar satu per satu boleh langsung di tuning, pasang senar yang besar dahulu. Pasti nanti ada perubahan pada plat tremolo, kendor kencangkan per dan tuning berulang-ulang untuk mendapatkan posisi plat tremolo datar dan tuning yang standart.

      Pasti Bermanfaat!!!
      SMANGAD!!!

      Hapus
  2. Terimakasih gan atas informasinya, lebih sukses ya kedepannya

    BalasHapus
  3. Info yang menarik, lebih ditingkatkan lagi gan agar tambah sukses. terimakasih sudah boleh mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Gan, terima kasih kunjungannya.... Sering2 mampir kemari...

      Hapus
  4. bagus sekali pertanyaan mas furqon widi rivay.....
    yang betul, sebelum mulai mencopot senar satu per satu, ganjal tremolo dengan suatu benda biar posisinya tidak terlalu turun sehingga membuat sulit ketika men-stem nada nantinya. Bisa memakai baterai kotak atau benda lainnya.
    Kalau trmolo udah turun, solusinya adalah mensetting per yang berada dibagian belakang gitar, yang menarik tremolo. Setelah senar semua terpasang:
    - tremolo terlalu naik, kencangkan baut sehingga per yang berada dibagian belakang gitar menarik turun tremolo. Ingat kendorkan sedikit senar sebelum mengencangkan baut karena senar nantinya juga akan kencang dan rawan putus
    - tremolo terlalu turun, lakukan sebaliknya.

    PASTI BERMANFAAT!!!

    BalasHapus

KONTAK

Alamat Kantor:
Perum. Villa Bukit Tidar C1-257
Malang

Telepon/WA:
085 646 739 063
Pin BB : 517219A2

Peta Les Gitar Malang


Lihat les gitar di peta yang lebih besar Peta Les Gitar Malang
les gitar malang. Diberdayakan oleh Blogger.

TEKNIK GITAR

1. Strumming
2. Picking
3. Tipping
4. Hammer on
5. Pulling off
6. Slide
7. Bending
8. Harmonik
9. Tremolo
10. Vibrato
11. Trill

- Copyright © Les Gitar Malang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -