Posted by : Bekam Malang Minggu, 12 Februari 2012



Di artikel ini saya akan mencoba menerangkan tentang trik-trik cara melepaskan nut pada gitar. Nut pada gitar listrik memiliki bentuk yang beraneka ragam bahkan untuk gitar yang memiliki tremolo up down biasanya memiliki nut yang bisa mengunci senar gitar (locking nut), kali ini saya akan menerangkan cara melepas nut yang tidak memiliki pengunci.
Kesukaan orang pada gitar berbeda satu sama lainnya, ada yang suka memasang nut yang memiliki pengunci ada yang tidak, biasanya pada gitar yang memiliki nut biasa, jika nut tersebut memiliki kualitas kurang bagus nut akan cepat rusak ataupun compes karena kena gesekan senar gitar sewaktu kita melakukan penyeteman, ataupun sewaktu anda pergi jalan-jalan ke toko musik anda melihat nut yang bagus dan anda pengen menganti nut yang lama dengan yang baru, maka saya akan membagi ilmu agar anda mengganti sendiri nut gitar anda.
Sebetulnya saya tidak menyarankan jika anda mengobrak-abrik gitar sendiri tanpa didampingi oleh tutor atau seseorang yang sudah ahli, karena sesuatu hal yang tidak kita inginkan bisa terjadi, sebaiknya serahkan kerjaan tersebut kepada orang yang sudah ahli sehingga gitar anda akan tetap aman, namun tak ada salahnya jika trik ini kita pelajari ataupun hanya sekedar tahu dan sebagai pembelajaran saja bagi anda.
Alat-alat yang diperlukan:
  1. pisau tajam atau cutter
  2. pemukul atau penokok
  3. papan kayu kecil
  4. isolatip jika diperlukan
Coba perhatikan gambar dibawah:

skor nut gitar dengan pisau tajam

skor semua sisi nut gitar dengan pisau tajam
Langkah 1:
Lihat gambar diatas, skor atau lukai atau iris semua sisi nut pada gitar seperti terlihat diatas, disini anda bisa menggunakan cutter atau pisau yang tajam, hal ini di lakukan dengan tujuan agar sewaktu nut di lepas, sisi-sisi dibagian kanan kiri nut tidak compes atau terikut sewaktu dilepas, terkadang pernis atau semacam cat finishing menyatu antara kayu dengan nut, sehingga jika tidak di gores maka sewaktu nut terlepas, sisi yang lainnya juga ikut terlepas.

ketok nut dari kanan

ketok nut dari kiri
Langkah 2:
Langkah selanjutnya coba perhatikan kedua gambar diatas, ambik penokok atau pemukul dan kayu (kenapa kayu? agar sewaktu dipukul dan mengenai kayu stang gitar, kayu gitar tidak mudah lecet. Anda boleh menggunaka bahan lainnya, perkirakan bahan tersebut tidak dapat melukai kayu stang gitar anda) pukul atau ketok nut dari samping kanan secara perlahan, juga ketok dari samping kiri secara perlahan juga, lakukan berulang-ulang dengan tujuan nut bisa lepas atau tidak menempel dikayu, jika anda yakin nut sudah longgar maka saatnya anda melangkah ke bagian selanjutnya

keluarkan nut gitar
Langkah 3:
Nah jika nut sudah longgar anda tinggal mengeluarkan nut dari stang gitar dengan cara memukul secara perlahan dari arah samping seperti terlihat pada bagian gambar atas, anda perlu berhati-hati dibagian ini, jika nut tidak mudah bergeser berarti nut masih menempel erat di kayu stang, maka anda perlu mengulang langkah ke-2, ketok dari sisi kanan kiri lalu pukul keluar lakukan dengan hati-hati mungkin nut cuma bergeser sedikit lalu ketok kanan-kiri lagi dan keluarkan, lakukan secara berulang sampai nut lepas.
Jika anda khawatir, kayu gitar tergores atau terjadi kecelakaan sedikit, maka sebelum semua dimulai anda bisa menutup bagian kayu stang gitar dengan lakban atau isolatip agar aman, sekali lagi saya tidak menganjurkan anda melakukan pelepasan tanpa didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman, artikel ini cuma sebagai pembelajaran dan penambaha wawasan saja, jika masih bingung silahkan tanyakan di Forum Gitar.

Selamat mencoba
share

powered by les gitar malang

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. om tau ga cara masang locknut di headstock gitar ?thanks

    BalasHapus
  2. kalau dari nut biasa ke locknut maka perlu perombakan pada kayu dudukan tempat menancapnya locknut. harus diratakan terlebih dahulu, karena penampang locknut lebih lebar daripada locknut. setelah penampang udah siap, tinggal pasang scrupnya dech... mungkin akan dibahas lebih lengkap di artikel selanjutnya... terimakasih...

    BalasHapus
  3. gan gitar ku rockwell yang up down, knp ya waktu aku mainin handlenya suaranya jd sumbang, handle nya itu ga blk lg jd sumbang. sebelumnya sih baik" aja.

    BalasHapus
  4. itu dikarenakan pegas tidak kembali ke posisi semula (sewaktu handle di tarik down, pegas meregang. Ketika handle dibalikkan ke posisi semula, keregangan pegas tidak kembali seperti saat handle belum ditarik down). ganti saja pegasnya dengan yang kualitasnya lebih bagus.

    BalasHapus
  5. ok gan thanks. :)
    susah sih klo nyari pegasnya, kebanyakan adanya yg sepaket sma handdle.

    BalasHapus

KONTAK

Alamat Kantor:
Perum. Villa Bukit Tidar C1-257
Malang

Telepon/WA:
085 646 739 063
Pin BB : 517219A2

Peta Les Gitar Malang


Lihat les gitar di peta yang lebih besar Peta Les Gitar Malang
les gitar malang. Diberdayakan oleh Blogger.

TEKNIK GITAR

1. Strumming
2. Picking
3. Tipping
4. Hammer on
5. Pulling off
6. Slide
7. Bending
8. Harmonik
9. Tremolo
10. Vibrato
11. Trill

- Copyright © Les Gitar Malang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -