Posted by : Puhawang Putra Sabtu, 26 November 2011

les gitar malang
Petikan gitar
Petikan gitar pada dasarnya adalah memainkan gitar dengan memetik satu per satu senar dengan jari-jari tangan kanan (ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis), sedangkan tangan kiri memainkan chord. Diperlukan konsentrasi lebih untuk memainkan petikan gitar dari pada permainan struming (genjreng), karena harus Kita harus koordinasi beberapa jari di tangan kanan dan tangan kiri.

Seperti pada awal belajar gitar, pasti akan terasa sakit pada ujung-ujung jari tangan kiri. Ketika bermain petikan gitar, maka jari-jari tangan kanan juga akan terasa sakit. Tetapi santai saja, itu adalah hal yang wajar dan semua pemain gitar juga pasti merasakannya.

Baiklah, tidak bertele-tele lagi Saya akan memberikan beberapa contoh latihan yang tentunya harus Anda latih setiap hari untuk me-master-kan permainan petikan gitar ini.
Pertama-tama pahamilah skema gambar gitar di bawah ini,


  e ||-------------------------------------- (senar no 1)
  B||-------------------------------------- (senar no 2)
  G||-------------------------------------- (senar no 3)
  D||-------------------------------------- (senar no 4)
  A||-------------------------------------- (senar no 5)
  E||--------------------------------------  (senar no 6)


Catatan:
senar no 1 dipetik oleh jari manis
senar no 2 dipetik oleh jari tengah
senar no 3 dipetik oleh jari telunjuk
Sedangkan senar Bass gitar (senar no 4, 5, dan 6) dipetik oleh ibu jari.

Pada awalnya Kita melatih tangan kanan terlebih dahulu (tangan kiri tanpa menekan senar/open string). Latihannya seperti berikut :
1. Petik senar no 6 dengan jempol
2. Petik senar no 1, no 2, no 3 berturut-turut dengan jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk
3. Petik senar no 5 dengan jempol
4. Petik senar no 1, no 2, no 3 berturut-turut dengan jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk
5. Petik senar no 4 dengan jempol
6. Petik senar no 1, no 2, no 3 berturut-turut dengan jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk
Mainkan petikan gitar tersebut dengan tempo petik yang sama dan teratur.

Pola petikan di atas adalah 1-2-3, karena senar 1, 2, dan 3 dipetik secara berurutan, berikut pola petikan gitar yang harus Anda pelajari lagi:
a. 1-2-3
b. 1-3-2
c. 2-1-3
d. 2-3-1
e. 3-1-2
f. 3-2-1

Silahkan diulang-ulang sampai Anda sekalian memahami dasar permainan petikan gitar yang Saya sampaikan kali ini.

Untuk selanjutnya akan kita bahas tentang materi petikan gitar dan penerapannya pada sebuah lagu. Tunggu tanggal tayangnya ya!!! :)

Bila ada saran atau pertanyaan, silahkan komentari (comment) tulisan ini ya!!! :)

Semoga bermanfaat.

share

powered by les gitar malang

{ 53 comments... read them below or Comment }

  1. thanks infonya...aku lagi proses belajar gitar sendiri tanpa guru. soalnya pernah berguru ama beberapa temen gitaris lagaknya sombong banget, jadi ogah belajar. hehehhehe
    nah aku mau tanya, itu kan dasarnya. kalau mau main lagu pake petikan gimana?
    thanks

    BalasHapus
  2. thanks kunjungannya....

    ok, untuk belajar petikan gitar pada sebuah lagu harus tahu lagunya dahulu :)... cari lagu yang mengandung petikan, tirukan permainannya. Kalau udah belajar petikan gitar minimal 15-20 lagu tar kalau memainkan gitar pada lagu yang tidak memakai petikan pasti lebih mudah untuk improve-nya...

    SMANGAD!!!

    BalasHapus
  3. s0b yang 1-2-3
    1-3-2
    2-1-3
    ...
    itu apa gan ? pola saat metik atau apa ?

    BalasHapus
  4. pola memetik senar... angka2 itu adalah nomor senar...

    BalasHapus
  5. om les i ak donk...

    BalasHapus
  6. boleh... sms ke 08564673 saja untuk konfirmasi dan tentuin jadwal les nya...

    SMANGAD !!!

    BalasHapus
  7. .terimakasih semoga bisa saya manfatkan. . . . ., saya juga baru proses belajar bermain gitar walau cuma memainkan petikan yang ak tidak bisa. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih... Senang bisa memberikan tulisan yang bermanfaat bagi Anonim. SMANGAD!!!

      Hapus
  8. kok habis belajar metik gitar tangan saya rasanya kayak mau nampar orang ya?

    BalasHapus
  9. Mas Wahyu, kalau terlalu lama bermain gitar memang akan terasa beberapa otot kita agak pegal, itu tandanya ototnya menegang dan bukti kalau kita sudah capek, lebih baik istirahat atau peregangan otot dahulu kemudian melanjutkan kembali latihannya.

    Lah mas Wahyu dalam kasus ini mungkin jarang berlatih petikan atau bermain terlalu lama, jadinya kaku dech ototnya...

    Tap kalau yang mau nampar orang itu beda kejadian kayaknya... :) Bermain gitar harus santai, misalnya gak bisa-bisa tetapi udah nyba latihan, harus sabar.... jangan marah, tar jadinya pengen nampar orang hehehe....

    Selamat belajar mas Wahyu..

    SMANGAD !!!

    BalasHapus
  10. kalo yang kaya gini maksudnya apah ?

    Chords

    EADGBe
    ------
    C x3201x
    F x33211
    G 320003
    Em 022000

    BalasHapus
  11. kalau yg ini, mkasdnya apaan y?? Saya bru blajar petik gitar.
    Mohon bantuannya!
    e|-------------------|
    B|-------------------|
    G|-------------------|
    D|---4-4-4-5-5-5-5---|
    A|---4-4-4-5-5-5-5---|

    BalasHapus
  12. balasan untuk FITRI

    tentang bentuk Chords

    EADGBe ==> Menunjukkan urutan/nada senar 6,5,4,3,2,1
    ------ Ada 6 senar, berikutnya dijadikan acuan untuk
    penulisan chord. Sedangkan angka yang tertulis nanti
    adalah nomor kolom. Contohnya sbb:

    C x3201x ==> yang ditekan jari senar 5 kolom 3, senar 4 kolom 2,
    senar 3 tanpa ditekan, senar 2 kolm 1. Sedangkan yang
    bertanda x adalah tanda agar senar tidak dibunyikan.

    F x33211 ==> yang ditekan senar 5 kolom 3, senar 4 kolom 3, senar 3
    kolom 2, senar 2 kolom 1, dan senar 1 kolom 1. Sedangkan
    senar 6 bertanda x berarti tidak ditekan.

    dan begitu seterusnya.

    BalasHapus
  13. Balasan untuk Agustan:

    e|-------------------| = senar no. 1
    B|-------------------| = senar no. 2
    G|-------------------| = senar no. 3
    D|---4-4-4-5-5-5-5---| = senar no. 4
    A|---4-4-4-5-5-5-5---| = senar no. 5
    E|-------------------| = senar no. 6

    Angka tersebut di atas adalah nomor kolom.
    Untuk membacanya, harus di baca horizontal dari kiri ke kanan.
    Jika ada angka dengan posisi sebaris vertikal maka harus dimainkan bersamaan.

    BalasHapus
  14. Sama2 mas Niko Riflash...
    Sering maen2 ke blog ini ya...

    SMANGAD !!!

    BalasHapus
  15. kalo mau main lagu pake petikan ,
    misal chordnya G Em A C D
    itu gimana?

    terimakasih .

    BalasHapus
  16. Mbak Arinta Noorma, yang harus dilakukan ketika memainkan petikan gitar adalah:
    1. Petik nada bass Chord terlebih dahulu
    2. Lalu petik nada-nada rhythm (senar 1, 2, 3)
    - coba lihat pada wacana di atas pola-pola petikan dan mainkan
    3. Lakukan langkah 1 dan 2 untuk setiap Chord yang dimainkan.

    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  17. Saya masih ga mudeng kl pk kunci gitar nih, tp kl cara metik jari kanan saya jadi mudeng.
    Apakah kunci gitar untuk genjreng dengan petikan sama ?
    kl sama, misal kunci A. tau kan kunci A utk genjrengan kan ada 3titik yang ditekan jari kiri lha kl pake petik apakan ketika 3titik sudah ditekan lalu jari kanan memetik satu persatu senarnya ?( kl ya dr atas apa bawah )
    / jari kiri mencetnya juga satu satu seperti jari kanan ? atau gmana petunjuknya ya ?!!!!

    BalasHapus
  18. Chord untuk Strumming/Genjreng dan Petikan sama. untuk memetiknya, secara umum diawali dari memetik/membunyikan Bass Chord (nada terendah dari Chord) terlebih dahulu baru nada-nada rhythm. untuk urutan petikan coba lihat di atas tentang pola petikan (untuk latihan). Pada penerapannya Kita bisa merubah urutan sesuai kehendak aja, untuk mempermudah mempelajari petikan gitar, silahkan pelajari lagu (setelah berlatih memainkan pola petikan), pasti akan lebih mudah.
    semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  19. Misalnya da yang kya gini gimana ?

    C7_ _ _ _G A
    liriknya. . . . . . . . . . . . . . . . .
    G_ _ _ _ _F A
    liriknya. . , . . . . . . . . . . . . . . . .
    itu gimana

    BalasHapus
  20. izin share...
    saya akan sertakan sumbernya

    BalasHapus
  21. Jawaban atas pertanyaan Anonim.

    Misalnya da yang kya gini gimana ?
    C7_ _ _ _G A
    liriknya. . . . . . . . . . . . . . . . .
    G_ _ _ _ _F A
    liriknya. . , . . . . . . . . . . . . . . . .

    Yang perlu dilakukan adalah Anda mendengarkan lagunya terlebih dahulu... terus kita temukan ritme nya... baru kita memainkan petikan.. kombinasi-kombinasi petikan di atas bisa dipakai untuk mengisi petikan lagu yang Anda ingnkan... dan tentunya masih banyak lagi pola-pola petikan yang lain...

    BalasHapus
  22. muhammad faris
    silahkan di Share mas... Semoga Bermanfaat...
    SMANGAD!!!

    BalasHapus
  23. mas kasih contoh lagu yang mudah dimaenin petikannya dong sama kuncinya .+ urutan petikannya kalo bisa . thx

    BalasHapus
  24. Hey om..
    thanks atas info'a ya

    cara yang diberikan om lebih mudah daripada cara2 yang lain.. hehe..

    saya mau tanya, cara melatih jari supaya perpindahanannya cepat per senar gimana ya?
    soalnya saya lagi ngelancarin tekhnik melodic -_-

    BalasHapus
  25. Apakah variasi petikan itu hanya ada 6 atau masih ada banyak lagi?

    BalasHapus
  26. Banyak sekali variasi petikan dalam bermain gitar. coba baca juga artikel gitar:
    1. Picking http://les-gitar-malang.com/picking/
    2. petikan gitar http://les-gitar-malang.com/petikan-gitar/
    3. Belajar Petikan Gitar http://les-gitar-malang.com/belajar-petikan-gitar/

    Pasti Bermanfaat!!!
    SMANGAD!!!

    BalasHapus
  27. dasar main gitar apa dulu yaa

    BalasHapus
  28. Dasar permainan gitar adalah Chord dan Strumming (genjreng)...

    BalasHapus
  29. Pola petikannya kok a sampe f aja,yg G tdk ada ya? kl chord A sama chord Am dan A7 misalnya,apa sama pola petikannya?

    BalasHapus
  30. itu pola petikan a sampai f, berarti ada 6 pola petikan. Kalau ingin menerapkannya bisa pakai chord apa saja...

    BalasHapus
  31. terimakasih om, insya allah akan saya pelajari lebih giat lagi :D salam musisi

    BalasHapus
  32. terimakasih om, insya allah akan saya pelajari lebih giat lagi :D salam musisi

    BalasHapus
  33. Harus SMANGAD dalam belajar apapun.... SMANGAD!!!

    BalasHapus
  34. Kloew kyak gni gmna???
    D Em7
    e |- - - - - - - - - - - | - - - - - - |
    B |- - - - -3 - - - - - | - - - - 3 - |
    G |- - -2 - - - 2-2- | - - - 2 - - |
    D |- 0- - - - - -0 - - | - - - - - - |
    A |- - - - - - - - - - - | - - - - - - |
    E |- - - - - - - - - - - | - 0 - - - - - |

    BalasHapus
  35. Gambar diatas merupakan gambar tablature yang di buat melalui program seperti Note Pad, Word Pad, Microsoft Word, dan program lain sejenisnya.
    Langkah memainkannya sbb:
    Untuk Chord D
    1. petik senar 4 (D) tanpa tekan ==> Bass Chord
    2. petik senar 3 (G) kolom 2
    3. petik senar 2 (B) kolom 3
    4. petik senar 4 (D) tanpa tekan ==> Bass Chord
    5. petik senar 2 (B) kolom 3

    Untuk CHord Em7
    1. Petik senar 6 (E) tanpa tekan ==> Bass Chord
    2. Petik senar 3 (G) kolom 2
    3. Petik senar 2 (B) kolom 3

    Artikel lain yang bermanfaat bisa kunjungi www.Les-Gitar-Malang.com

    BalasHapus
  36. hmm klo gini maksud nya gimana ya kk
    e|---0--0-00-00-0--00-0--0-00-00-0--00-2--2-22-22-2--22-2--2-22-22-2--22---|
    B|---2--2-22-22-2--22-0--0-00-00-0--00-2--2-22-22-2--22-3--3-33-33-3--33---|
    G|---2--2-22-22-2--22-1--1-11-11-1--11-2--2-22-22-2--22-2--2-22-22-2--22---| (2x)
    D|---2--2-22-22-2--22-2--2-22-22-2--22-4--4-44-44-4--44-0--0-00-00-0--00---|
    A|---0--0-00-00-0--00-2--2-22-22-2--22-4--4-44-44-4--44--------------------|
    E|--------------------0--0-00-00-0--00-2--2-22-22-2--22--------------------|

    BalasHapus
  37. Maksud dari Tabulature tsb adalah permainan Strumming (Genjreng) bukan permainan petikan. Chord yang dimainkan adalah A - E - F#m - D dan diulang sebanyak 2 kali.
    Penjelasan lebih rincinya sbb:
    - Chord A di genjreng sebanyak 9 kali
    - Chord E di genjreng sebanyak 9 kali
    - Chord F#m digenjreng sebanyak 9 kali
    - Chord D digenjreng aebanyak 9 kali
    Strumming (Genjreng) bisa memakai Up Strum (Arah Genjreng ke atas) atau Down Strum (Arah Genjreng ke bawah) dan kombinasinya.
    Misalnya DUDUDUDUD atau DDUUDDUUD dsb
    SEMOGA MEMBANTU...
    SMANGAD!!!

    BalasHapus
  38. Bang gimana caranya supaya jari kita bisa cepat lentur waktu metik gitar ?? Selain dengan cara tetap latihan
    Dan juga kalo jari kelingking itu dipake buat petik senar berapa

    BalasHapus
  39. coba pake cara teman saya ya, tangan ditaruh telungkup di atas meja, angkat Dan ketukkan satu per satu jari ke meja mulai jempol, telunjuk, tengah, manis, Dan kembali lagi ke jempol. kelingking jarang dipakai memetik, hanya beberapa orang yang bisa memakai kelingking dalam memainkan gitar.

    BalasHapus
  40. maaf om mau nanya, itu senar 1 yang paling atas ato bawah?

    BalasHapus
  41. josef eric

    Kalau pada gitar, senar nomor 1 itu adalah senar yang paling bawah (paling kecil)
    Kalau pada gambar, senar nomor 1 itu garis yang paling atas.

    PASTI BERMANFAAT!!!

    BalasHapus
  42. Intro :
    F G
    e|---------------------------|---------------------------|
    B|------0---1---0-------0---1|------0---1---0-------0---1|
    G|----2-------------2--------|----0-------------2--------|
    D|--3-----3---3---3---3---3--|--0-----0---0---0---0---0--|
    A|---------------------------|---------------------------|
    E|1--------------------------|3--------------------------|

    ini gmn maininnya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. E |--------| adalah senar nmr 6
      A |--------| adalah senar nmr 5
      D |--------| adalah senar nmr 4
      G |--------| adalah senar nmr 3
      B |--------| adalah senar nmr 2
      e |--------| adalah senar nmr 1

      Angka 0 adalah senar dimainkan secara terbuka (open), di petik tanpa ditekan.
      Angka 1 dst adalah nomor kolom yang ditekan.

      Not angka dimainkan atau dibaca dari kiri ke kanan, jika ada angka yang segaris lurus dari bawah ke atas maka dimainkan bersama.

      Untuk Anonim yg bertanya, sepertinya gambar yang Anda tulis kurang bagus sehingga saya belum bisa menjelaskan, silahkan Anda mengirim kembali atau posting lagi untuk gambar yang lebih baik.

      Tetapi secara pembacaan not, panduannya seperti yang saya tulis di atas.

      Semoga bermanfaat....

      Hapus
  43. ini saya main 6 lagu secondhand serenade kendalanya cuma dari Bb -> F# , E -> B kagok bgt, gmn supaya bs lancar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama saya mengajar murid2 saya, cara yang paling ampuh adalah mengulang terus menerus perpindahan chord yang kurang lancar perpindahannya, misal mainkan:
      1. Bb - F - Bb - F - Bb - F - Bb - F ==> mainkan terus sampai nyaman perpindahan chordnya
      2. E - B - E - B - E - B - E - B ==> mainkan terus sampai nyaman perpindahan chordnya

      Gitu aja, semakin sering dimainin, semakin mendekati lancar. di coba key... SMANGAD!!!

      Hapus
  44. Balasan
    1. Terima kasih sama2 mas Henokh. Senang bisa membantu Anda, Semoga info nya bermanfaat. SMANGAD!!!

      Hapus
  45. Permisii...
    Btw lagu fur elise di jadiin petikan susah juga yaaaa ������������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan emang fur elise itu mainnya petikan. Emang lagu klasik kurang familier di telinga masyarakat, lebih familier fingerstyle pop. Tp kalau belajar fingerstyle (petikan gitar) setidaknya juga harus merasakan permainan lagu2 klasik :-)

      Hapus
  46. G D/F# Em C G D
    e|------------------------------------------------------------------------------------|
    B|-/8---------7--------5~-5s7-5~---5-7-5-----------------------5s7-5-----7-5---7------|
    G|-----7--------7------------------------7—-7s9-5----/7-4------------7-------7--|
    D|--------5-------5--------------------------------5-------5--------------------------|
    A|------------------------------------------------------------------------------------|
    E|------------------------------------------------------------------------------------|

    kalo kaya gini gimana cara petikannya mas bro... :D

    BalasHapus

KONTAK

Alamat Kantor:
Perum. Villa Bukit Tidar C1-257
Malang

Telepon/WA:
085 646 739 063
Pin BB : 517219A2

Peta Les Gitar Malang


Lihat les gitar di peta yang lebih besar Peta Les Gitar Malang
les gitar malang. Diberdayakan oleh Blogger.

TEKNIK GITAR

1. Strumming
2. Picking
3. Tipping
4. Hammer on
5. Pulling off
6. Slide
7. Bending
8. Harmonik
9. Tremolo
10. Vibrato
11. Trill

- Copyright © Les Gitar Malang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -